Beranda | Artikel
Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermuamalah - Bagian ke-3 - Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 14 Mei 2014

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-3)

Anjuran untuk Memperbanyak membaca Al-Qur’an dan As-Sunnah

Pokok yang ketiga adalah memperbanyak membaca Al-Qur’an dan As-Sunnah dan senantiasa memperbanyak hal tersebut agar kita berada di atas keilmuan, bukan hanya sebatas dengan perasaan dan pemikiran.

Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah menjelaskan bahwa, tidak dipungkiri lagi bahwa perkataan yang paling baik adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

اللَّهُ نَزَّلَ أَحْسَنَ الْحَدِيثِ كِتَاباً

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur’an.” (QS Az-Zumar [39]: 23)

Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menjelaskan di dalam hadits-haditsnya bahwa: “Sebaik-baiknya petunjuk adalah petunjuk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam juga tidak pernah berkata dari hawa nafsunya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَا يَنطِقُ عَنِ الْهَوَى إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَى

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Qur’an) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (QS An-Najm [53]: 3-4)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Pokok-pokok Keberhasilan dalam Bermu’amalah (Bagian ke-3)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/6429-pokok-pokok-keberhasilan-dalam-bermuamalah-bagian-ke-3-kitab-fiqhul-akhlaq-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/